Menu

Apa itu SEO?

Apa itu SEO? SEO singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu teknik mengoptimalkan halaman web di mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dll. dengan cara merancang dan mengembangkan halaman web agar mendapat peringkat yang bagus dalam hasil mesin pencari agar dapat meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas ke situs web dari mesin pencari dengan memahami bagaimana algoritma pencarian bekerja, dan apa yang mungkin dicari oleh pengunjung manusia.

Jika Anda berencana untuk melakukan beberapa teknik dasar SEO, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja. Mesin pencari melakukan beberapa aktivitas untuk memberikan hasil pencarian dengan cara:

  • Crawling, proses pengambilan semua halaman web yang terhubung ke situs web. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak, disebut crawler atau spider (atau Googlebot untuk Google).
  • Indexing, proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang diambil dan menyimpannya ke database raksasa dari tempat yang nantinya bisa diambil. Intinya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman ke kata kunci tertentu.
  • Processing, saat permintaan pencarian masuk, mesin pencari akan memprosesnya, yaitu membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang diindeks dalam database.
  • Calculating Relevancy, kemungkinan lebih dari satu halaman berisi string pencarian, sehingga mesin pencari mulai menghitung relevansi masing-masing halaman dalam indeksnya ke string pencarian.
  • Retrieving Results,  langkah terakhir dalam aktivitas mesin pencari adalah mengambil hasil terbaik yang sesuai. Pada dasarnya, tidak lebih dari sekedar menampilkannya di browser.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! sering memperbarui algoritma relevansi mereka puluhan kali per bulan. Bila Anda melihat perubahan dalam rangking Anda, hal itu disebabkan pergeseran algoritmik atau sesuatu yang lain di luar kendali Anda. Meskipun prinsip dasar pengoperasian semua mesin telusur adalah sama, perbedaan kecil antara algoritme relevansi mereka menyebabkan perubahan besar dalam relevansi hasil.



Copywriting SEO adalah teknik penulisan teks yang dapat dilihat pada halaman web sedemikian rupa sehingga mudah dibaca oleh surfer, dan juga menargetkan istilah pencarian tertentu. Tujuannya adalah untuk memberi peringkat tinggi di mesin pencari untuk istilah pencarian yang ditargetkan. Seiring dengan teks yang terlihat, copywriting SEO biasanya mengoptimalkan elemen on-page lainnya untuk istilah pencarian yang ditargetkan. Ini termasuk judul, deskripsi, tag kata kunci, judul, dan teks alternatif. Gagasan di balik copywriting SEO adalah mesin pencari menginginkan halaman konten asli dan bukan halaman tambahan yang sering disebut “doorway pages” yang dibuat dengan tujuan mencapai peringkat tinggi.

Bila Anda mencari kata kunci apapun dengan menggunakan mesin pencari, ini akan menampilkan ribuan hasil yang ditemukan di database-nya. Peringkat halaman diukur dengan posisi halaman web yang ditampilkan di hasil mesin pencari. Jika mesin pencari menempatkan halaman web Anda pada posisi pertama, maka peringkat halaman web Anda akan menjadi nomor 1 dan akan dianggap sebagai halaman dengan peringkat tertinggi. SEO adalah proses perancangan dan pengembangan sebuah situs web untuk meraih rangking tinggi dalam hasil search engine.

Secara konseptual, ada dua cara optimasi:

  • SEO On-Page – Ini termasuk menyediakan konten yang bagus, pemilihan kata kunci yang baik, meletakkan kata kunci di tempat yang benar, memberikan judul yang sesuai untuk setiap halaman, dll.
  • SEO Off-Page – Ini mencakup pembuatan tautan, meningkatkan popularitas tautan dengan mengirimkan direktori terbuka, mesin telusur, pertukaran tautan, dll.