Menu

Berkenalan Dengan SEO

Definisi atau pengertian SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik bagaimana membuat suatu website dapat ditemukan oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll. dan berada pada posisi teratas di atas website lainnya berdasarkan kata kunci yang dimasukan di mesin pencari sehingga pada akhirnya akan mendatangkan banyak pengunjung ke website kita. Namun, bukan hal yang mudah untuk mempelajari dan menerapkan teknik SEO ini, karena dibutuhkan analisis yang tepat, pengalaman, kesabaran dan mengetahui cara kerja mesin pencari bagaimanan bisa menemukan dan menampilkan website berdasarkan kata kunci yang diminta secara berurutan. Seperti kita ketahui, di internet ada jutaan website dan milyaran topik beserta konten/isinya yang dimana terkadang antara satu dengan lainnya memiliki kesamaan topik atau isi, yang tentunya bagi pemilik atau author suatu topik merupakan pesaing bagaimana topik beserta konten/isinya dapat mengungguli pesaingnya dimata mesin pencari sehingga bisa berada pada posisi teratas atau paling tidak bisa top ten di halaman search engine.

Search Engine atau mesin pencari memiliki robot pengintai (crawler atau spider atau untuk google disebut googlebot) yang akan menelusuri setiap halaman pada website untuk mendapatkan informasi tentang topik atau isi website tersebut, kemudian dilanjutkan dengan mengindeks setiap halaman ke databasenya, melakukan pengolahan, lalu melakukan penilaian relevansi antara topik dengan isi, dan barulah mengambil keputusan untuk menampilkannya. Kegiatan robot pengintai ini menelusuri setiap link pada halaman website terkadang tidak selesai dalam waktu singkat tapi membutuhkan waktu berberapa bulan karena banyaknya website yang harus ditelusuri, diindeks dan diolah untuk kemudian ditampilkan sesuai permintaan berdasarkan kata kunci setelah melakukan penilaian relevansi masing-masing halaman yang terindeks dengan kata kunci yang masuk. Untuk itulah kita harus mengoptimalkan setiap halaman pada website kita agar mudah dikenali, ditelusuri, diindeks, diolah dan ketika dinilai relevansinya halaman web kita mengungguli pesaing kita agar pada saat ditampilkan berada pada posisi teratas atau top ten pada hasil pencarian search engine.

Robot pengintai atau spider ini merupakan file dengan algoritma pemrograman yang komplek dan rumit serta berteknologi canggih untuk dapat menjaring, mengindeks, mengolah dan menilai relevansi isi halaman web sehingga diketahui kandungan isi website tersebut untuk dapat dibandingkan dengan isi website lainnya. Robot pengintai ini hanya menjaring dan mengolah teks sehingga tidak akan dapat mengenali gambar ataupun animasi, untuk itu gunakan alert berupa teks yang memberitahukan atau menjelaskan gambar atau animasi tersebut sebagai bagian dari teknik atau tips dan trik SEO.

Agar website atau halaman web mudah ditelusuri dan diindeks oleh robot pengintai search engine, gunakan teknik SEO penting lainnya yaitu dengan mengoptimalkan meta keyword, meta description, buat konten atau isi yang berbobot serta relevan, membangun link dengan website lain yang relevan, dan submit atau daftarkan url website atau url halaman web ke berbagai search engine dan direktori serta aktif berpromosi di website jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain.

Demikianlah definisi atau pengertian atau pengenalan teknik dan fungsi SEO dalam upaya meningkatkan trafic dan rangking yang lebih baik di mata search engine, semoga bisa menjadi inspirasi untuk mempelajari SEO dan menjadi seorang yang ahli dalam bidang SEO.