Menu

CMS SIASTORE V.1.0

Akhir Desember 2011, salah seorang klien meminta pada saya untuk dibuatkan aplikasi untuk toko alat tulis kantor yang lengkap yang bisa menampilkan stok barang, laporan pembelian dan penjualan, laporan utang dan piutang, laporan keuangan rugi dan laba, dll. Kemudian saya tanyakan padanya untuk satu toko atau beberapa toko,  omset penjualannya, customernya, sistem pencatatan keuangan yang selama ini dipakai, dll. Selanjutnya pada waktu diskusi saya tawarkan dua pilihan aplikasi yaitu aplikasi sistem informasi persediaan dan penjualan berbasis desktop dan aplikasi sistem informasi persediaan dan penjualan berbasis web. Klien saya itu balik bertanya, apakah kelebihan dan kekurangan dua aplikasi tersebut? Lalu saya jelaskan seperti berikut, bahwa apalikasi sistem informasi persediaan dan penjualan berbasis desktop didesain dan dirancang untuk stand alone dengan kemampuan menyimpan, mengolah dan menampilkan data transaksi pada satu komputer, sedangkan aplikasi sistem informasi persediaan dan penjualan berbasis web didesain dan dirancang untuk mobilitas dimana proses penginputan dan pengolahan data dilakukan disuatu komputer dan hasil pengolahan datanya dapat dilihat di lain tempat memanfaatkan media internet untuk berkomunikasi dan mentransfer informasi, dengan kata lain satu aplikasi berbasis web dapat digunakan oleh beberapa komputer di tempat yang berbeda sehingga pemilik toko dapat memantau setiap transaksi yang terjadi di suatu toko tanpa harus datang langsung ke tokonya karena menggunakan prinsip client server. Dari segi biaya aplikasi berbasis desktop memang lebih murah daripada berbasis web jika untuk satu toko, tapi jika memiliki beberapa toko maka biaya akan membengkak untuk membayar lisensi aplikasi. Berbeda dengan aplikasi berbasis web kekurangannya adalah ada biaya tambahan untuk membayar domain, hosting dan maintenance, kelebihannya dapat digunakan untuk beberapa toko pada saat bersamaan dan pemilik toko dapat memeriksa stok barang dan transaksi yang terjadi tanpa harus datang mendatangi masing-masing toko. Kesimpulan dari hasil diskusi, klien saya memilih aplikasi berbasis web.

Sesuai dengan kesepakatan aplikasi akan saya selesaikan dalam jangka waktu satu bulan. Tepat akhir Januari  2012 aplikasi sistem informasi persediaan dan penjualan berbasisi web berhasil diselesaikan dan diserah terimakan setelah dilakukan uji coba. Karena klien saya tersebut tidak membeli aplikasi ini secara eksklusif maka saya pun berhak mendistribusikan atau menjual aplikasi ke orang lain. Kemudian saya berfikir memberikan nama yang tepat untuk aplikasi ini, maka lahirlah nama CMS SIASTORE V.1.0.

Seperti sudah dikemukakan di atas bahwa CMS SIASTORE V.1.0 ini dibuat dan lahir atas permintaan klien saya, dan untuk itu saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya sehingga aplikasi sistem informasi persediaan dan penjualan berbasis web dapat lahir menjadi Content Management System dengan nama CMS SIASTORE V.1.0.

CMS SIASTORE V.1.0 merupakan content management system atau sistem manajemen isi untuk input, edit, update, delete  data dalam mengelola data barang, keuangan dan transaksi pembelian dan penjualan sehingga dihasilkan suatu informasi seperti data perubahan stok barang, transaksi penjualan, data keuangan baik penjualan atau pembelian, hutang atau piutan, dll. secara real time dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun selagi masih bisa mengakses internet.

Fitur untuk Pemilik Toko:

  1. Pengaturan Pengguna/User
  2. Pengaturan Toko Cabang
  3. Pengaturan Produk
  4. Pengaturan Aplikasi
  5. Data Pembelian
  6. Data Return Pembelian
  7. Data Stok dan Pengiriman Barang di Gudang
  8. Data Stok Barang di masing-masing Toko
  9. Data Hutang
  10. Data PiutangData Biaya Operasional
  11. Data Penjualan Produk
  12. Data Return Penjualan Produk
  13. Data Pelanggan
  14. Data Keuangan Harian, Bulanan dan Tahunan

Fitur Pengelola Toko :

  1. Pengaturan Pengguna/User (Edit Profile dan Password)
  2. Data Pelanggan
  3. Data Persediaan dan Harga Produk
  4. Data Barang Masuk
  5. Data Barang Keluar
  6. Form Transaksi Penjualan
  7. Data Penjualan Harian, Bulanan, Tahunan
  8. Data Return Penjualan
  9. Data Piutang
  10. Data Biaya Operasional
  11. Data Keuangan Harian, Bulanan, Tahunan

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi CMS SIASTORE V.1.0, Silahkan klik di sini!