Menu

Inilah Cara Menghemat Tagihan Listrik

Listrik sekarang memang menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga menjadi beban karena besarnya biaya tagihan listrik yang harus dibayar. Terlebih bagi mereka pelanggan 900VA yang selama ini mendapat subsidi harus mulai merasakan melonjaknya tagihan listrik setelah mulai Januari 2017 secara bertahap subsidi listrik dicabut. Memang untuk pelanggan yang terdaftar sebagai fakir miskin masih mendapatkan subsidi listrik. Namun, tetap saja dimasyarakat masih banyak yang mempertanyakan kriteria yang berhak dan tidak berhak mendapatkan subsidi listrik. Jadi, tips dan trik untuk menghemat tagihan listrik terutama untuk pelanggan 900VA yang merasa keberatan dengan besarnya tagihan listrik atau mahalnya pulsa listrik, alangkah baiknya mengajukan diri ke kantor desa dan PLN bahwa Anda memang benar berhak mendapatkan subsidi listrik.

Lalu bagaimana dengan pelanggan listrik non-subsidi yang membutuhkan listrik dengan biaya hemat? Perlu diingat bahwa tarif dasar listrik non subsidi mengikuti mekanisme pasar, karena itu besarnya tagihan listrik dan mahalnya biaya pulsa listrik pada akhirnya bergantung pada kita. Semakin besar pemakaian listrik tiap hari dan bulannya, maka akan semakin besar pula tagihan atau biaya pulsa listriknya, karena itu bijaklah dengan menghemat pemakaian listrik.



Berikut ini tips dan trik cara menghemat tagihan listrik yang bisa dilakukan, mulai dari yang paling sederhana tapi akan berdampak dalam jangka panjang, diantaranya:

  • Nyalakan lampu listrik seperlunya saja, misalnya untuk menerangi tempat-tempat tertentu di bagian rumah yang membutuhkan penerangan di malam hari sepanjang malam, sedangkan di tempat bagian rumah yang tidak butuh penerangan sepanjang malam, jangan lupa dimatikan misalnya di ruang keluarga atau kamar tidur. Kemudian kalau siang hari biarkan cahaya matahari yang menerangi rumah. Yang tak kalah pentingnya juga gunakan lampu hemat energi.
  • Gunakan aliran listrik untuk perangkat elektronik pada saat dibutuhkan, misalnya aliran listrik untuk menonton tv, jangan lupa tv dimatikan dan cabut kabel power tv dari jala listrik PLN pada saat tv tidak akan ditonton jangan dibiarkan tetap menyala. Untuk menyetrika pakaian gunakan setrika yang memiliki pengaturan otomatis. Kemudian kalau ruangan dipasang AC, atur dan sesuaikan suhu AC berdasarkan luas ruangan. Begitupun jika Anda memiliki mesin cuci, pegunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya. Untuk kulkas walaupaun terus terhubung selama 24 jam tapi tidak terus menerus mengkonsumsi daya listrik jadi hindari menyimpan makanan panas ke dalam kulkas. Begitupun untuk menanak nasi dengan rice cooker sebaiknya gunakan air yang sudah dipanaskan agar cepat tanak nasinya hingga bisa menghemat pemakaian listrik. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan mesin pompa air, buatlah toren tempat penampungan air sehingga bisa menghemat pemakaian listrik.

Demikianlah tips dan trik cara menghemat tagihan listrik yang jika hal-hal sedehana di atas dilakukan secara konsisten tiap hari, maka Anda akan merasakan perbedaannya dibulan-bulan berikutnya dimana tagihan listrik tidak akan terlalu besar.