Menu

Kemenangan Perdana Brazil di Piala Dunia 2014

Jumat, 13 Juni 2014, 03.00 Wib. Laga pembuka Piala Dunia 2014 diawali dengan pertandingan antara tim tuan rumah Brazil vs Kroasia yang tergabung di grup A bersama Meksiko dan Kamerun, berlangsung di stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Brazil.

Brazil yang juga tim tuan rumah dengan didukung penuh oleh para suporter yang membuat kuning seluruh isi stadion berinisiatif menyerang sejak kick-off dengan penuh percaya diri, tapi tim Kroasia juga tidak mau menyerah begitu saja dengan memberikan perlawanan sengit dan terbukti merepotkan pertahanan Brazil yang dikomando Tiago Silva, hingga puncaknya menit ke-11 umpan silang Ivica Olic dari sayatp kiri pertahanan Brazil berhasil dimanfaatkan oleh Nikica Jelavic di kotak pinalti dengan tendangan menyusur tanah menyilang sedikit melebar ke arah kiri gawang yang dijaga oleh Julio Cesar malah menyentuh kaki Marcelo yang bermaksud menghalau bola, tapi justru malah masuk ke gawang sendiri. Kedudukanpun berubah menjadi 1-0 untuk Kroasia.

Sorak sorai penonton pendukung tim tuan rumah terdiam dengan gol tersebut, seolah tidak percaya. Para pemain Brazil berusaha mengembalikan kepercayaan diri dan tampil menyerang lebih baik lagi hingga pada menit ke-29, Neymar berhasil menunjukan kemampuannya setelah lolos dari hadangan pemain tengah dia melakukan tendangan menyusur tanah ke pojok kiri gawang Kroasia dari luar kotak pinalti berhasil menjebol gawang dan skorpun berubah menjadi 1-1, sekaligus menjadi skor akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah Brazil berusaha keras untuk memetik kemenangan dengan melakukan serangan gencar bertubi-tubi, tapi masih belum bisa merubah papan skor. Baru setelah masuknya Hernanes, permainan tim Brazil menjadi lebih atraktif, tapi meskipun terus menekan, rupanya tim Kroasia juga berusha bertahan keras dan melakukan serangan-serangan balik mematikan. Tapi kemudian pada menit ke-69 umpan silang yang mengarah pada Fred di kota pinalti tim Kroasia berbuah petaka, wasit asal Jepang, Yuichi Nishimura menghadiahi tendangan pinalti untuk Brazil karena mengangap Fred ditarik oleh pemain belakang Kroasia. Neymar yang mengambil tendangan pinalti berhasil menceploskan bola ke gawang Kroasia, skorpun berubah menjadi 2-1 untuk Brazil.

Praktis setelah itu permainan menjadi milik tim tuan rumah Brazil, dan pada akhirnya pada menit ke-90, Oscar berhasil menambah skor menjadi 3-1 untuk kemenangan perdana tim Brazil di piala dunia 2014.

Berikut susunan pemain kedua tim:

BRAZIL (4-2-3-1): Cesar; Alves, Silva, Luiz, Marcelo; Gustavo, Paulinho (Hernanes ’63); Hulk (Bernard ’68), Oscar, Neymar (Ramires ’88); Fred.

KROASIA (4-4-1-1): Pletikosa; Srna, Corluka, Lovren, Vrsaijko; Modric, Rakitic, Perisic, Kovacic (Brozovic ’61); Olic; Jelavic (Ante Rebic ’78).

Pada pertandingan lainnya dari grup A, antara Meksiko vs Kamerun berhasil dimenangkan oleh Meksiko dengan hasil akhir 1-0 untuk kemenangan Meksiko berkat gol semata wayang Oribe Peralta setelah memanfaatkan bola rebound tembakan Dos Santos yang sempat diblok Itandje pada menit ke-61.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Meksiko (5-3-2): Ochoa; Aguilar, Rodriguez, Marquez, Moreno, Layun; Vazquez, Herrera (Salcido ’92), Guardado (M. Fabián ’69); Gio Dos Santos, Peralta (Javier Hernandez ’74).

Kamerun (4-3-3): Itandje; Djeugeoue ( Nounkeu ’46), N’Koulou, Chedjou, Assou-Ekotto; Song (Webo ’79), M’bia, Enoh; Moukandjo, Eto’o, Choupo-Moting.