Menu

Mengenal Framework Zend

PHP Web Framework adalah kumpulan kelas yang membantu mengembangkan aplikasi web. Zend adalah salah satu framework PHP yang paling populer. Ini adalah framework MVC open-source untuk pengembangan aplikasi web modern yang berkembang pesat. Zend Framework memiliki beberapa komponen yang digabungkan secara longgar, sehingga disebut sebagai “Component Library”. Zend Framework menyediakan server PHP stack dan Zend untuk menjalankan aplikasi kerangka kerja Zend. Zend Studio adalah IDE yang menyertakan fitur untuk diintegrasikan dengan Zend Framework. Ini menyediakan tampilan MVC dan pembuatan kode. Zend framework 3.0 saat ini mencakup komponen baru seperti server JSON RPC, konverter XML to JSON, fungsionalitas PSR-7, dan kompatibilitas dengan PHP 7.

Zend Framework 2 adalah kerangka kerja open source untuk mengembangkan aplikasi dan layanan web menggunakan PHP 5.3+. Zend Framework 2 menggunakan kode berorientasi objek 100% dan memanfaatkan sebagian besar fitur baru dari PHP 5.3, yaitu Namespaces, Lambda Function and Closures. Zend Framework 2 berevolusi dari Zend Framework 1, kerangka kerja PHP yang sukses dengan lebih dari 15 juta unduhan. Zend Server memiliki versi komunitas gratis dan versi komersial.

Beberapa fitur penting dari Zend Framework adalah sebagai berikut: framework aplikasi berorientasi objek murni, implementasi MVC tingkat lanjut, mendukung multi database termasuk PostgreSQL, SQLite dll, cloud API sederhana, manajemen session, enkripsi data, routing URI Fleksibel, Zend menyediakan dukungan pengembangan RESTful API, Kode bisa digunakan kembali dan lebih mudah dipelihara.

Apa yang membuat Zend Framework salah satu framework utama yang digunakan oleh pengembang PHP adalah bahwa – kode ini bersih dan stabil lengkap dengan hak kekayaan intelektual. Ini juga membuat pemrograman menjadi lebih mudah. Ini cepat, mudah dipelajari dan nyaman. Zend mendukung alat kriptografi yang kuat dan teknik forhing password.

Berikut ini adalah tujuan Zend Framework, diantaranya fleksibilitas, sederhana dan produktif, kesesuaian, extensibility – Programmer dapat dengan mudah memperluas semua kelas kerangka kerja. Dan Portabilitas – Mendukung beberapa lingkungan.

Beberapa keuntungan dari Zend Framework diantaranya:

  • Loosely Coupled, Zend menyediakan pilihan untuk menghapus modul atau komponen yang tidak kita butuhkan dalam aplikasi.
  • Performance, Zend Framework sangat optimal untuk kinerja. Zend Framework 3 adalah 4x lebih cepat dari versi sebelumnya.
  • Security, mendukung enkripsi standar industri.
  • Testing, PHPUnit terintegrasi dengan Zend sehingga Anda dapat dengan mudah menguji frameworknya.