Menu

Mengenal Internet

Apa itu internet? Pengertian atau definisi tentang internet dapat berbeda-beda tapi intinya yaitu suatu jaringan komputer global. Berikut penjelasan tentang internet menurut sudut pandang penulis.

Internet (interconnected network) merupakan suatu jaringan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Awalnya internet hanya merupakan jaringan komputer  yangmenghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah untuk keperluan militer yang dibangun Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan kepada umum dan kemudian mulai berkembang pesat ke berbagai daerah dan universitas di negara Amerika. Perkembangan selanjutnya ARPANET dipecah menjadi dua yaitu Milnet untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan universitas dan umum, kemudian kedua jaringan tersebut digabung lagi menjadi DARPA Internet, yang kemudian sekarang kita kenal dengan nama internet.

Agar suatu komputer atau laptop dapat menjadi bagian dari jaringan komputer global harus memenuhi persyaratan berikut ini, yaitu bahwa komputer atau laptop harus memiliki spesifikasi hardware yang mendukung seperti dari sisi processor, memory dan harddisk. Jika spesifikasi hardware (perangkat keras) sudah mendukung maka berikutnya harus pula dilengkapi dengan software untuk dapat mengakses internet mulai dari sistem operasi, web browser, software untuk chatting dan berkomunikasi lainnya.

Apabila persyaratan hardware dan software sudah terpenuhi maka persyaratan berikutnya adalah harus mempunyai modem, apa itu modem? Modem (modulator demodulator) adalah perangkat keras yang merupakan pintu gerbang untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan dunia luar, fungsinya untuk mengubah sinyal digital menjadi analog atau sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Ada dua jenis modem yaitu modem wireless (tanpa kabel) dan modem wireline (modem dengan media komunikasi kabel). Sekarang ini banyak sekali modem wireless berupa mini stick memanfaatkan port usb bahkan handphone tertentu dapat juga dijadikan modem.

Persyaratan berikutnya untuk dapat mengakses internet adalah harus ada jalur komunikasi yang merupakan media untuk dapat berkomunikasi. Jalur komunikasi ini ada dua pilihan, pertama wireless yaitu jalur komunikasi tanpa kabel memanfaatkan udara dan gelombang elekromagnetik atau RF (Radio Frequency), kedua wireline memanfaatkan jalur komunikasi kabel telepon. Baik jalur komunikasi wireless atau wireline memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Memanfaatkan jalur komunikasi wireline memang memberikan kestabilan akses internet, tapi tidak semua pelosok daerah sudah tercover jaringan kabel belum lagi maraknya pencurian kabel telepon yang mengakibatkan terganggunya komunikasi. Sementara jalur wireless memberikan fleksibilatas dan kemudahan serta murahnya biaya akses internet, tapi kelemahannya adalah kurang stabil dan tidak semua operator wireless mengcover seluruh wilayah Indonesia hingga sampai ke tempat terpencil.

Perangkat keras dan lunak sudah ada, modem sudah ada, jalur komunikasi wireline ataupun wireless juga tersedia, sekarang apakah sudah komputer atau laptop saya sudah bisa mengakses internet? Jawabannya belum bisa, kenapa? Karena untuk dapat mengakses internet kita harus mendapatkan layanan mengakses internet dari penyedia jasa layanan internet atau biasa disebut ISP (Internet service Provider). Gratis? Dalam mimpi kale ye, hehe. Jika wilayah tempat tinggal kita sudah tercover jaringan speedy dari telkom yang memanfaatkan jaringan kabel telepon, maka jika ingin dapat mengakses internet harus daftar terlebih dahulu ke telkom terdekat untuk dapat berlangganan internet, biasanya biaya pendaftaran dan pemasangan jaringan speedy sekitar 300ribuan, sementara untuk biaya langganan bulanannya variatif tergantung paket speedy yang diambil mulai dari Rp.195.000 – 2.500.000 / bulan. Lumayan mahal bukan? Ingin lebih murah? Gunakan saja jaringan wireless dari operator seluler misalnya Indosat, XL, Telkomsel, dll. biayanya relatif lebih murah. Ingin lebih murah lagi? Bergotongroyonglah masyarakat di wilayah masing-masing untuk membangun RTRW Net. Kok bisa murah? Ya begitulah, karena dengan RTRW Net misalnya berlangganan paket warnet unlimited dengan biaya langganan Rp.2.500.000/bulan kemudian share ke anggota dengan demikian biayanyapun dapat ditanggung bersama, jika ada anggota 50 orang maka biaya tiap orang hanya Rp 50.000/bulan dengan mengakses internet ulimited tiap bulan, murah bukan!.

Ketika komputer atau laptop kita sudah dapat mengakses internet, maka sesungguhnya kita sudah menjadi bagian dari jaringan global, sehingga komputer atau laptop kita akan memiliki alamat ip (IP Address)  yang unik.  Berikut ini fasilitas dan layanan yang dapat dimanfaatkan ketika komputer atau laptop kita sudah dapat mengkases internet :

  1. World Wide Web (www), merupakan fasilitas dan layanan untuk bertukar, menyampaikan dan mendapatkan informasi melalui website dalam bentuk tulisan, gambar, audio, video atau animasi.
  2. File Transfer Protocol (FTP), merupakan fasilitas dan layanan untuk bertukar dan mentransfer file.
  3. Electronic Mail (E-mil), merupakan fasilitas dan layanan untuk berkirim surat secara elektronik.
  4. Chatting, merupakan fasilitas dan layanan untuk berkomunikasi melalui tulisan dengan bantuan software tertentu misalnya mIRC, Yahoo Massenger, gTalk, dll.
  5. Internet Phone, merupakan fasiltas dan layanan untuk berkomunikasi melalui suara dan juga video  call memanfaatkan software tertentu misalnya Skype

Adapun manfaat, keuntungan atau kegiatan-kegiatan yang dapat dimanfaatkan secara maksimal keberadaan internet, diantaranya:

  1. Browsing atau Surfing, merupakan suatu kegiatan membuka dan membaca berbagai informasi dari berbagai halaman web yang disediakan dari berbagai website melalui web browser tertentu.
  2. Searching, merupakan kegiatan mencari-cari informasi dalam bentuk tulisan, gambar, video, audio ataupun animasi berdasarkan topik tertentu atau kata kunci (keyword) tertentu memanfaatkan mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Ask, Altavista, dll.
  3. E-mail dan Mailling list, merupakan suatu kegiatan berkomunikasi melalui surat menyurat secara elektronik. Jika ingin berdiskusi dan bertukar informasi dalam suatu forum dengan topik tertentu kita dapat mendaftar menjadi anggota milis tertentu yang banyak bertebaran di internet.
  4. Blogging, merupakan suatu kegiatan memposting suatu artikel atau tulisan bermanfaat dan bermakna lainnya memanfaatkan fasilitas web atau blog gratisanmaupun berbayar.
  5. Socialita, merupakan kegiatan berbagi ide atau pemikiran, curahan hati, video, audio, photo di website jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Painterest, Youtube, Flicker, dll.
  6. Chatting, merupakan suatu kegiatan berkomunikasi melalui tulisan.
  7. Internet Phone dan Video Call, merupakan suatu kegiatan berkomunikasi melalui suatu dan video.
  8. Electronic Learning (E-learning), merupakan suatu kegiatan atau media untuk tujuan pembelajaran secara online.
  9. Electronic Commerce (E-commerce), merupakan suatu kegiatan jual beli barang atau jasa melalui internet, termasuk di dalamnya internet marketing atau bisnis online, dll. Contohnya adalah website toko onlinewww.ujangmia.com, www.arvamart.com, www.alikhadecoration.com, dll.
  10. Forum, merupakan suatu kegiatan berdiskusi berdasarkan topik tertentu dengan cara kita mendaftar di website forum.

Lalu apakah dampak negatif dan positif dari keberadaan internet? Dampak positif dari keberadaan internet adalah jika dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran, ada banyak informasi dan pengetahuan yang dapat memperkaya ilmu pengetahuan teknologi kita, komunikasi dan silaturahim jadi semakin murah, cepat dan mudah, dapat dimanfaatkan untuk bisnis dan meningkatkan nilai penjualan barang atau jasa. Adapun dampak negatifnya adalah pornografi, penipuan dan pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma adat, budaya dan agama baik melalui tulisan, audio, video, photo ataupun animasi, maraknya permainan membuat anak lupa untuk belajar dan bersosialisasi. Sesungguhnya dampak negatif dapat dikurangi jika kita sebagai orang tua mampu meminimalisir dan mendampingi putra putrinya di dalam menggunakan internet.