Menu

Barcelona Ditahan Imbang Valencia 2-2 di Camp Nou

Barcelona yang bertindak sebagai tuan rumah dalam lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 pada hari Minggu (3/2/2019) dini hari WIB. kedatangan tamu dari tim papan tengah Valencia. Bertandingan dihadapan pendukungnya sendiri yang digelar di stadion Camp Nou, Barcelona bahkan harus tertinggal 2 gol di babak pertama dalam tempo kurang dari 30 menit awal. Tentu hasil di babak pertama cukup mengejutkan dan membuat dag dig dug para pendukung tuan rumah. Beruntung Barcelona memiliki Lionel Messi yang menjadi penyelamat dengan dua golnya di babak pertama dan babak kedua dan memaksa skor imbang 2-2.

Entah apa yang terjadi dengan para pemain Barcelona di babak pertama, atau mungkin mereka terkejut dengan agresivitas para pemain Valencia. Benar-benar mereka dibuat kewalahan oleh serangan-serangan balik para pemain Valencia, hingga memaksa penjaga gawang Barcelona berulang kali melakukan penyelamatan. Tapi pada akhirnya gawang Barcelona jebol juga lewat serangan balik cepat dari aksi solo run Rodrigo Moreno berhasil masuk kotak pinalti dan memberikan umpan terobosan yang disambut Gameiro yang sukses menyarangkan bola ke gawang Barcelona yang dijaga Ter Stegen, gol tercipta pada menit ke-24.

Setelah gol pertama Valencia, membuat para pemain Barcelona seperti tersengat untuk segera menyamakan skor. Tapi yang terjadi kemudian terjadi kemelut di kotak pinalti yang membuahkan pelanggaran oleh Sergi Roberto terhadap Danial Wass yang berakibat fatal saat wasit memberikan hadiah tendangan finalti. Dan Parejo yang menjadi eksekutor tendangan pinalti berhasil mencetak gol pada menit ke-32 dan membuat skor 0-2 untuk keunggulan tim tamu Valencia.

Menjelang akhir pertandingan babak pertama Barcelona mendapat hadiah finalti setelah wasit menilai ada pelanggaran Toni Lato terhadap Nelson Semedodan di kotak finalti. Dan Lionel Messi yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol pada menit ke-40 dan merubah skor menjadi 1-2 untuk keunggulan tim tamu, hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, para pemain Barcelona semakin menaikan intensitas serangannya untuk menyamakan skor bahkan mungkin kalau memungkinkan memenangkan pertandingan. Siapa lagi kalau bukan sang Super Star mereka Lionel Messi yang berhasil menciptakan gol keduanya pada pertandingan tersebut pada menit ke-64 dan membuat skor imbang 2-2 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil seri yang didapat Barcelona tentu hanya menambah 1 poin dan berpeluang diperpendek jaraknya baik oleh Atletico Mardid maupun Rela Madrid yang baru akan bertandingan Senin dini hari nanti. Saat ini Barcelona masih memimpin dengan 50 poin hasil dari 22 pertandingan hasil dari 15 kali kemenangan, 5 kali seri dan 2 kali kalah. Sementara bagi Valencia hasil seri yang didapat menempatkan mereka sementara di peringkat ke-7 dengan 30 pin, hasil dari 6 kali kemenangan, 12 kali seri dan 4 kali kalah.

Sedangkan tambahan 2 gol di pertandingan kali ini bagi Lionel Messi membuatnya semakin kokoh di puncak klasemen pencetak gol terbanyak Liga Spanyol 2018/2019 dengan 21 gol dari 20 pertandingan. Dengan pencapain tersebut, Messi sudah 11 musim mampu menyarangkan gol lebih dari atau sama dengan 20 gol dalam semusim secara beruntun setelah gagal di musim 2007/2008. Tentu ini merupakan rekor yang fantastis bagi seorang pemain sepakbola.

Susunan pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo (Jordi Alba 45′), Gerard Pique, Thomas Vermaelen, Sergi Roberto; Carles Alena, Ivan Rakitic, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho.

Valencia: Neto; Cristiano Piccini, Ezequiel Garay, Gabriel, Toni Lato; Daniel Wass, Francis Coquelin (Geofrey Kondogbia 72′), Daniel Parejo, Denis Cheryshev; Rodrigo Moreno (Santi Mina 79′), Kevin Gameiro (Ferran Torres 40′)