Menu

Cara Menjalankan WampServer dan Mengakses Localhost



Cara menjalankan WampServer dan mengakses localhost di komputer atau laptop setelah berhasil menginstallnya sangatlah mudah. Untuk menjalankan WampServer dapat dilakukan dengan cara klik tombol Start, klik All Programs, klik folder WampServer, lalu klik WampServer. Atau untuk lebih mudah lagi dengan cara klik 2x shortcut WampServer pada desktop.

WampServer

Jika ada pop up User Account Control yang muncul, klik Yes (Tidak selalu ada). Tunggu hingga icon WampServer muncul dan berubah warna menjadi hijau di taskbar sebelah kanan dekat dengan icon jam.

WampServer

Sekarang local server sudah aktif. Untuk pengaturan WampServer dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada icon WampServer (Lihat gambar di atas dilingkari warna merah). Sedangkan untuk penggunaan local server dapat dilakukan dengan cara klik kiri 1x, maka nanti akan muncul beberapa menu seperti Start All Services untuk mengaktifkan seluruh layanan, Stop All Services untuk menghentikan seluruh layanan, Restart All Services untuk mematikan dan mengaktifkan kembali seluruh layanan. MySql untuk mengakses dan mengatur layanan MySql, PHP untuk mengakses dan mengatur layanan PHP, Apache untuk mengakses dan mengatur layanan Apache. WWW Directory untuk membuka directory/folder tempat dimana project disimpan. Your Virtual Hosts untuk mengakses project yang dibuat melalui webbrowser. phpMyAdmin untuk mengakses pengelolaan database. Localhost untuk mengakses halaman localhost seperti berikut ini:

Localhost

Apabila halaman localhost sudah tampil seperti gambar di atas, maka server local di komputer atau laptop Anda sudah siap digunakan untuk membuat project website atau aplikasi yang berbasis web.