Menu

Membuat VirtualHosts di WampServer

Membuat VirtualHosts di WampServer tidaklah sulit, tapi sebelumnya mungkin ada yang belum mengetahui apa itu virtual host dan fungsi atau manfaatnya untuk apa. Secara singkatnya, Virtual Host adalah suatu cara mengatur URL agar dapat mengakses website berbeda dalam satu ip atau server yang sama. Sebagai contoh membuat virtualhosts di WampServer, jika kita mempunya beberapa project web yang ditempatkan dalam web server local, maka untuk mengakses biasanya dengan cara mengakses URL seperti http://localhost/namaprojectweb. Nah, dengan virtual host kita dapat mengatur url namaprojectweb menjadi http://namaprojectweb, jadi tidak perlu lagi berada di belakang localhost dalam penulisan URL-nya.

Pertama, buka url localhost di web browser, seperti berikut:

Virtual Hosts

Kedua, perhatikan pada bagian Tools, klik Add a Virtual Host

Virtual Hosts

Ketiga, perhatikan pada kolom isian Name of the Virtual Host, silahkan isi dengan nama project Anda dengan aturan tidak boleh ada spasi dan tidak boleh mengandung underscore, sebagai contoh saya berinama: madelang, kemudian di kolom isian Complete absolute path, isi dengan alamat dimana project ditempatkan dalam server localnya, dalam hal ini sebagai contoh di D:/wamp/www/madelang, madelang adalah nama folder dimana file-file project aplikasi web kita ditempatkan.



Keempat, klik kanan pada icon Wamp yang berwarna hijau di pojok kanan bawah taskbar, sorot Tools, klik Restart DNS. Tunggu sebentar hingga icon Wamp berubah warna menjadi hijau lagi yang artinya sukses merestat.

Kelima, coba sekarang buka localhost di browser, maka di bagian Your Virtual Host sudah ada dalam hal ini sebagai contoh menu madelang.

Virtual Hosts

Sekarang coba klik dalam hal ini virtual host madelang, maka apabila ada webnya akan ditampilkan.