Menu

Jerman jadi Juara Piala Dunia 2014 Brazil

Akhirnya kesebelasan Tim Nasional Jerman berhasil keluar sebagai juara pada Piala Dunia 2014 di Brazil setelah mengalahkan salah satu tim kandidat juara Argentina dengan skor tipis 1-0 pada babak perpanjangan waktu menit ke-113.

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Lahm, Boateng, Hummels, Howedes; Kramer (Schurrle ’32), Schweinsteiger; Muller, Kroos, Ozil (Mertesacker ’119); Klose (Gotze ’88).

Argentina (4-3-3): Romero; Zabaleta, Demichelis, Garay, Rojo; Biglia, Mascherano, Perez (Gago ’88); Messi, Lavezzi (Aguero ’46), Higuain (Palacio ’78).

Duel final syarta gengsi antara Jerman vs Argentina berrlangsung di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7/2014) dinihari WIB. Jerman tentunya ingin mengulang kesuksesan mereka di tahun 1990 saat menjadi juara dunia juga dengan mengalahkan Argentina. Sedangkan untuk Argentina ini adalah peluang terbesar mereka untuk menjadi juara dunia setelah selalu gagal sampai ke babak final sejak kegagalan tahun 1990 yang kalah dari Jerman. Ini akan menjadi momen balas dendam terbaik dan menciptakan sejarah untuk Argentina, apalagi saat ini juga memiliki pemain terbaik dunia Lionel Messi.

Pada pertandingan tersebut berjalan dengan sangat ketat, jual beli serangan tidak terelakan, tapi para pemain belakang kedua tim cukup tangguh untuk bisa ditembus. Argentina memang mendapatkan beberapa kali peluang emas, hingga babak perpanjangan waktu tercatat Higuain, Messi dan Palacio harusnya mampu untuk mencetak gol setelah hanya berhadapan dengan penjaga gawang.Tapi Jerman juga bukan tanpa peluang, beberapa kali juga mengancam bahkan pernah sekali membentur tiang gawang. Hingga puncaknya pada menit ke-113 babak kedua perpanjangan waktu, adalah Andre Schuerrle yang berhasil lolos menyisir dari sayap kiri dan melepaskan umpan silang ke kotak finalti dan berhasil dikontrol dengan baik oleh pemain pengganti Mario Gotze mengontrol bola dengan dada lalu lewat tendangan voli kaki kirinya membuat bola masuk ke gawang sebelah kiri Argentina, dan itulah momen gol emas Jerman untuk meraih gelar juara yang ke-4 setelah tahun 1954, 1974, dan 1990.

Inilah sepakbola, bola itu bundar memang demikianlah adanya, pertandingan sepertinya akan berakhir dengan adu tendangan finalti ternyata terjadi gol juga di babak ke-2 perpanjangan watu. Dari segi peluang emas seharusnya Argenti yang memenangkan pertandingan jika saja beberapa peluang berhasil dikonversi menjadi gol. Tapi itulah indahnya sepakbola dunia. Selamat buat Timnas Jerman!