Menu

Mempertahankan Koneksi Internet

Bagi Anda pengguna internet yang menggunakan modem wireless atau mengakses internet melalui modem USB atau HP yang dijadikan modem atau lainnya, pastinya pernah atau sering kali mengalami Request time out atau drop atau putus-putus, tentunya hal tersebut sangatlah menjengkelkan khususnya lagi yang berada di pinggiran kota atau di pedesaan. Seperti yang saya alami sendiri, betapa mahalnya dan susahnya mengakses internet. Sudah “lola” loding lama, lalu terputus tidak terkoneksi, ribetnya bukan main, mana biaya pulsa internetnya cepat habis, nelangsa pokonya, he he. Dasar otak udang, setelah cari sana dan sini, otak atik dan trial and error, akhirnya saya menemukan salah satu cara yang cukup efektif, paling tidak bisa mengurangi putus-putus koneksi internetnya.

Berikut ini tips dan trik yang sudah saya praktekan, yaitu :

1. Donwload program Connection Keeper, silahkan cari melalui google.
2. Setelah berhasil mendowload program tersebut kemudian install
3. Kalau sudah berhasil menginstall, klik 2x Connection Keeper dari desktop komputer
4. Pada tab Settings, beri centang pada Keep connection alive
5. Kemudian pada tab Status, beri centang pada Auto-Reconnect
6. Jika ingin menonaktifkan menu popup, beri centang di tab Popup pada Kill popup windows
7. Kalalu sudah klik tombol Minimize to try

Fungsi dari Connection Keeper ini adalah untuk mempertahankan koneksi internet dengan cara mendial-up cara otomatis apabila koneksi internet putus atau drop. Namun, untuk koneksi internet yang lebih parah lagi tidaklah cukup harus digabungkan dengan tips dan trik yang satu ini :

1. Klik tombol Star, lalu klik Run
2. Ketik cmd, lalu klik OK
3. Dari jendela Command Prompt yang muncul ketik ipconfig/all, lalu enter
4. Lalu cari DNS Servers yang terkoneksi langsung ke internet, misalnya 114.127.244.114
5. Kemudian ketik ping -t 114.127.244.114, lalu enter atau cukup ketik ping -t -l 0 www.google.com, lalu enter

Dengan cara ini, akan dipaksa untuk terus terkoneksi ke DNS Servers-nya langsung, ketika terjadi Request time out secara otomatis diminta lagi untuk terkoneksi begitu seterusnya.

Tips dan trik di atas tidak disarankan bagi anda pengguna internet volume based karena akan membuat membengkaknya biaya pulsa anda. Tapi disarankan bagi anda pengguna internet dengan layanan unlimited baik harian, mingguan, atau bulanan agar dapat mempertahankan koneksi internet tanpa harus peduli dengan volume yang dihabiskan.

Terima kasih, semoga membantu dan berhasil. Salam Sukses!