Menu

Mengenal Website

Website merupakan kumpulan halaman – halaman web (Web page) yang berisi informasi baik teks, gambar, animasi, video dan suara, diwakili oleh suatu Domain Name (misalnya : www.arvamart.com) sebagai pengenalnya yang ditempatkan di suatu komputer server sebagai tempat Hostingnya ( tempat meletakan file-file Website). halaman web ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language) sehingga memungkinkan untuk dapat dibaca diberbagai platform menggunakan protocol HTTP (HyperText Transfer Protocol) sehingga file halaman web tersebut dapat ditampilkan dari server ke client dalam www (world wide web ) di internet melalui Web browser yang mengacu pada URL (Uniform Resource Locater). Contoh URL : httt://www.arvamart.com/artikel/mengenal-website.html dimana http adalah protocol yang digunakan, www.arvamart.com adalah host name dengan extention domain .com, artikel adalah folder yang menampung file-file web, dan mengenal-ebsite.html adalah file halaman web yang akan ditampilkan.

Ada banyak manfaat dan keuntungan apabila kita mempunyai Website, diantaranya : Pertama, kita dapat sharing ilmu pengetahuan melalui tutorial atau artikel. Kedua, kita dapat mempublikasikan karya ilmiah atau hasil penelitian. Ketiga, kita juga dapat memberikan informasi yang “up to date” tentang politik, hukum, sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, IPTEK, agama, penomena yang terjadi, hiburan, olahraga, dan lain-lain. Keempat, apabila kita mempunyai usaha dibidang jasa ataupun kita mempunyai produk maka dengan mudah dapat mempromosikannya bahkan menjualnya secara on-line. Kelima, untuk organisasi, lembaga, instansi atau corporate memudahkan untuk mensosialisasikan program kerja, event, layanan, dsb. Selain itu memudahkan pula untuk mengumpulkan tanggapan, kritik dan saran, untuk perbaikan dan pengembangan serta dapat pula digunakan untuk membangun komunitas sehingga dengan sendirinya meningkatkan eksistensi, image dan kredibilitas organisasi/lembaga/instansi/corporate. Keenam, melalui Website kita juga dapat membangun network partnership dan mempererat silaturahmi, seperti situs jejaring sosial facebook, twitter, dll. Dengan dukungan layanan Website yang on-line 24 jam, dan jutaan pengguna internet di seluruh dunia dan akan terus meningkat setiap tahunnya, serta luasnya jangkauan, tentunya merupakan peluang besar yang sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Untuk organisasi, lembaga, atau corporate, partisipasi dalam media online seperti Website akan meningkatkan Services yang ditawarkan kepada konsumen, melaui penyampaian informasi yang lebih cepat dan akurat serta promosi yang lebih terarah, sarana penyampaian feedback oleh konsumen, sarana membina relasi dengan supplier, dan meningkatkan brand awareness terhadap produk maupun citra di mata publik itu sendiri. Sementara untuk pribadi atau Personal dengan mempunyai dan mengelola Website dapat meningkatkan dan menjaga eksistensi diri, image, CV, dan kesejahteraan. Setidaknya kita bisa menuangkan buah pikiran, curhatan atau apapun itu untuk dipublikasikan sehingga dapat dibaca atau dinikmati manfaatnya oleh masyarakat luas di seluruh dunia umunya dan khususnya di Indonesia. Lalu bagaimana untuk dapat mempunyai dan mengelola Website ?

Untuk dapat mempunyai dan mengelola Website langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu : Pertama, Perencanaan, meliputi Website yang akan dibangun apakah Website statis (Website yang tidak untuk diperbaharui secara reguler) atau Website dinamis (Website yang dapat diperbaharui isinya secara reguler dengan mudah). Kemudian menentukan tujuan atau isi Website yang akan dibangun apakah Website Personal (Website pribadi untuk sharing atau publikasi), Website Company Profile (Website organisasi/lembaga/instansi/corporate untuk mempresentasikan, mempublikasikan, menginformasikan, mensosialisasikan, mempromosikan dan memasarkan suatu produk, jasa, layanan, program kerja atau event, dll.), Website Berita (Website yang berfungsi sebagai media untuk memberikan informasi atau Berita tentang ekonomi, politik, sosial, hukum, ilmu pengetahun dan teknologi, hiburan, olahraga, dll.), Website E-learning (Website yang berfungsi sebagai media untuk memberikan pembelajaran melalui tutorial-tuotial baik berupa tulisan, audio video, animasi dan artikel-artikel tentang ilmu pengetahuan dan teknologi), Website Services (Website yang berfungsi sebagai media untuk memberikan pelayanan kepada membernya misalnya untuk free email, sms via internet, Biro Jodoh, jejaring sosial (Facebook, twitter, friendster), Search Engine, dll.), Website E-commerce (Website yang berfungsi sebagai media untuk promosi, pemasaran dan online store (toko online) baik produk berbentuk fisik, digital maupun jasa).

Kedua, Pembuatan, merupakan tahapan Pembuatan halaman-halam web. Untuk membuat halaman web SEOrang programmer dan desainer web (web master) harus menguasai beberapa bahasa pemrograman web dan perangkat lunak untuk desain web. bahasa pemrograman web secara umum ada dua jenis, Pertama, client Side Programming yaitu kode/sintak/script program yang ditulis oleh programmer web akan dijalankan/dieksekusi langsung di Web browser sesuai permintaan client, misalnya bahasa pemrograman HTML, JavaScript, VB Script, dll. Cocok diterapkan pada web statis. Kedua, server Side Programming yaitu kode/sintak/script program yang ditulis oleh programmer web akan dijalankan/dieksekusi di web server dan hasilnya ditampilkan di Web browser client dalam bentuk HTML biasa, misalnya bahasa pemrograman PHP & MySql, ASP, CGI/Perl, ColdFussion, dll. Cocok diterapkan pada web dinamis mengingat web dinamis membutuhkan pengolahan database. Namun, sekarang ini untuk mempunyai dan mengelola Website tidak harus 100% menguasai bahasa pemrograman web seperti yang dijelaskan di atas. Ada banyak cara agar mempunyai dan mengelola sendiri Website, diantaranya dengan menjadi anggota/member salah satu pemberi jasa layanan blogging yang gratis seperti www.blogger.com atau www.wordpress.com, sehingga kita tidak dipusingkan dengan menulis kode/script bahasa pemrograman web, disini kita hanya mendaftar dan mendapatkan alamat webnya seperti kangasep.blogspot.com, dan tugas kita hanya secara reguler mengupdate Website kita dengan memposting artikel-artikel. Tapi, jika menginginkan punya Website yang sesuai dengan keinginan dan manajemen data yang kompleks untuk berbagai tujuan, tentunya adalah dengan membuat dan mengelola sendiri Website kita sehingga alamat Websitenya menjadi www.arvamart.com, dengan content (isi) dan desain yang lebih variatif. Untuk membuat Website jika tidak ingin dipusingkan dengan menulis script bahasa pemrograman web, dapat meminta bantuan jasa Pembuatan Website sementara untuk update data kita kelola sendiri sehingga bisa menghemat biaya operasional. Selain menggunakan jasa Pembuatan Website bagi yang mempunyai dasar-dasar bahasa pemrograman web dan desain web serta mengerti pendaftaran Hosting dan Domain dan tidak ingin dipusingkan menulis sendiri script bahasa pemrograman, sekarang ini sudah banyak paket CMS (Content Management System) untuk membangun dan mengelola Website, misalnya Joomla, WordPress, Drupal,dll. Terakhir yang terbaik tentunya mempunyai Website hasil karya sendiri dan dikelola sendiri, tapi paling tidak kita mempunyai Website karya orang lain tapi dikelola sendiri, he he he he.

Ketiga, Penempatan, pada tahap ini halaman-halam web yang sudah kita buat dan desain baik hasil karya kita sendiri ataupun orang lain, agar dapat dipublikasikan dan dibaca pengguna internet di seluruh dunia (hiperbola) tentunya harus ditempatkan dikomputer server yang terhubung ke internet 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, pilihannya adalah menyewa ruang dikomputer server (Hosting), silahkan pertimbangkan apakah akan menggunakan jasa Hosting yang gratisan atau berbayar karena masing-masing mempunyai konsekuensinya. Selain Hosting, kita juga harus menyewa Domain, seperti .com, .net, .org, .biz, .info, .web.id, .co.id, .net.id, .or.id, dsb. yang fungsinya sebagai pengenal agar Website kita yang sudah ditempatkan di tempat Hosting dapat diakses melalui webbrowser oleh pengguna internet di seluruh dunia, selain Domain yang berbayar kita juga dapat memanfaatkan subDomain yang gratisan seperti misalnya, aneka.freehostia.com, www.intek.hostei.com, www.aku.netti.net, dll. Coba bandingkan dengan Domain name berbayar seperti, www.vivanews.com, www.facebook.com, dll. Baik Hosting maupun Domain name kita sewa selama satu tahun dan sesudahnya dapat diperpanjang.

Keempat, Pengelolaa dan Perawatan, sebagus apapun desain, dan isi Websitenya serta seindah dan sebesar apapun Domain name dan Hostingnya, tidak akan memberikan banyak manfaat, jika Websitenya tidak up to date, dan tidak dikunjungi pengunjung internet. Untuk itulah mengupdate data secara reguler menjadi suatu keharusan, melakukan perawatan untuk memastikan tidak ada error ataupun penyusup. Selain itu yang harus dilakukan adalah mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke Website kita salah satunya dengan menggunakan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimatization) dan lengkapi pula dengan web analyzer untuk mengetahui dan memonitor pengunjung Website kita tersebut, Website kita akan berkembang dan disukai pengunjung jika dikelola dengan baik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Website, mempunyai atau tidak sebuah Website tidak merugikan anda, tapi berpartisipasi di media on-line ini jelas memberi keuntungan baik bagi kita sendiri maupun orang lain. Ide dan gagasan cemerlang anda ataupun sharing ilmu dan pengalaman anda akan menginspirasi banyak orang. Anda berpartisipasi ataupun tidak di dunia online ini, dunia online akan terus berjalan dan pengguna terus bertambah, tidakah anda ingin semakin tertinggal oleh mereka yang sudah lebih dahulu terjun di dunia online ini? Keputusan ada pada Anda! Mari ikut berpartisipasi menciptakan internet yang sehat, mencerdaskan bangsa dan memajukan kehidupan serta kesejahteraan kita bersama.