Menu

Mengenal Framework Yii

Framework Yii adalah framework PHP open source untuk aplikasi Web modern yang berkembang pesat. Ini dibangun di sekitar pola komposit Model-View-Controller. Yii menyediakan fitur aman dan profesional untuk menciptakan proyek yang kuat dengan cepat. Kerangka kerja Yii memiliki arsitektur berbasis komponen dan dukungan caching penuh. Oleh karena itu, sangat cocok untuk membangun semua jenis aplikasi Web: forum, portal, sistem manajemen konten, layanan yang tenang, situs web e-commerce, dan sebagainya. Ini juga memiliki alat pembuat kode yang disebut Gii yang mencakup pembuat antarmuka CRUD (Create-Read-Update-Delete) penuh.

Fitur inti Yii diantaranta: Yii menerapkan pola arsitektur MVC, menyediakan fitur untuk database relasional dan NoSQL, Yii tidak pernah merancang terlalu banyak hal untuk tujuan tunggal mengikuti beberapa pola desain, Yii menyediakan dukungan caching multi-tier, Yii menyediakan dukungan pengembangan RESTful API dan memiliki performa tinggi.

Secara keseluruhan, jika semua yang Anda butuhkan adalah antarmuka yang rapi untuk database yang mendasarinya, maka Yii adalah pilihan yang tepat. Saat ini, Yii memiliki dua versi: 1.1 dan 2.0. Versi 1.1 sekarang dalam mode perawatan dan Versi 2 mengadopsi teknologi terbaru, termasuk utilitas Komposer untuk distribusi paket, PSR level 1, 2, dan 4, dan banyak fitur PHP 5.4+. Ini adalah versi 2 yang akan menerima upaya pengembangan utama selama beberapa tahun ke depan. Yii adalah kerangka kerja OOP (Object-Oriented Programming) murni. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan dasar tentang OOP. Kerangka Yii juga menggunakan fitur terbaru PHP, seperti ciri dan ruang nama. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil Yii 2.0 jika Anda memahami konsep ini.

Persyaratan utama untuk Yii2 adalah PHP 5.4+ dan server web. Yii adalah alat konsol yang hebat, yang mengelola migrasi database, kompilasi aset, dan hal lainnya. Dianjurkan untuk memiliki akses baris perintah ke mesin tempat Anda mengembangkan aplikasi Anda.