Menu

Mengenal Meta Tag dan Fungsi Meta Tag di Search Engine

Jaman dahulu meta tag dalam sebuah halaman web menjadi sesuatu yang sangat vital dan penting di mata search engine dalam meningkatkan popularitas dan rangkin suatu website. Namun seiring dengan perbaikan dan perkembangan algoritma mesin pencari atau search engine, dalam hal penelusuran isi website tidak terlalu menitik beratkan pada meta tag tetapi pada penilaian relevansi dan bobot konten/isi halaman web. Mengapa demikian? Karena dengan menitik beratkan pada korelasi langsung antara kata kunci/keyword dengan meta data terhadap hasil pencarian banyak yang menimbulkan kekecewaan akibat tidak sesuainya antara kata kunci yang dimasukan dengan hasil penelusuran.

Sekarang hal tersebut sudah dikurangi setelah adanya perbaikan dari algoritma search engine ditambah dengan adanya banned/sanksi bagi pelaku yang memanipulasi webnya dengan hanya isi yang mengandung keyword saja atau ketidaksesuaian isi dengan keyword hanya untuk agar bisa top ten di search engine. Lalu apa itu Meta tag? Meta tag adalah rangkuman atau cuplikan yang menggambarkan isi suatu website sehingga robot pengintai search engine mendapatkan informasi gambaran tetang isi website untuk kemudian dilakukan penilaian relevansinya dengan kata kunci/keyword.

Meta tag description ini di tempatkan di dalam tag header di bawah tag title. Contoh :

Tag Meta Description :

Meta tag description adalah rangkuman informasi yang memberikan gambaran tentang isi halaman website yang relevan dengan konten/isi halaman website sehingga memudahkan robot pengintai/spider search engine untuk menemukan tentang apa website tersebut dan terkadang tag meta description ini ditampilkan dalam daftar hasil pencarian di search engine. Baik tidaknya deskripsi dalam meta tag ini akan berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine, untuk itu buatlah deskripsi tentang website dengan singkat (rekomendasi kurang dari atau sama dengan 200 karakter), padat dan jelas. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan ke website.