Menu

Cara Memilih Keyword yang Tepat agar Berada di Halaman Pertama Google

Cara memilih keyword yang tepat agar minimal suatu halaman web berada di halaman pertama search engine seperti Google tidaklah mudah tapi juga tidaklah sulit. Sebagaimana diketahui keyword atau kata kunci merupakan elemen sangat penting dalam SEO, untuk itu keyword harus mampu menggambarkan konten atau isi suatu halaman web dan kita harus pandai memilih dan menempatkan serta mengelola keyword/kata kunci dengan baik dan benar. Memilih dan menempatkan keyword/kata kunci dengan tepat merupakan langkah awal agar halaman web mudah ditemukan dan ditampilkan oleh search engine, karena kalau kita gagal dalam proses awal ini maka akan sia-sia saja dengan berharap berada pada jajaran top ten di search engine. Dari itu pilihlah keyword yang tepat dan relevan dengan konten/isi halaman website, pertimbangkan pula keyword yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dan relevan, dan yang tidak kalah pentingnya juga analisis banyak tidaknya yang menggunakan keyword/kata kunci tersebut yang relevan dengan halaman web kita.

Berikut ini hal-hal yang diperhatkan ketika kita mengoptimalkan keyword, yaitu :

Memilih keyword yang tepat, untuk memilih keyword yang tepat pertama adalah memilih keyword yang relevan dan menggambarkan konten atau isi halaman web. Kedua, misalkan kita mempunyai website toko online sepatu, jangan mengoptimalkan keyword dengan hanya satu suku kata misalnya sepatu, nike, adidas atau lainnya karena terlalu berat persaingannya tapi mulailah dengan dua, tiga atau empat suku kata merupakan langkah yang realistik untuk mencapai tujuan, misalnya “sepatu nike terbaru”,”grosir sepatu murah”, sepatu kulit asli cibaduyut”, prinsipnya keywordnya harus lebih spesifik dengan tingkat persaingan yang rendah untuk ini bisa menggunakan Google Keyword Planner. Ketiga, jangan lupa keyword density yaitu kepadatan atau kerapatan kata kunci dalam sebuah artikel, posting atau halaman web. Usahakan kepadatan kata kunci kurang dari 2%, karena kalau terlalu banyak menebar kata kunci tanpa memperhitungkan kualitas konten suatu halaman web, nantinya akan berdampak buruk pada web itu sendiri, dimana paling fatal dibaned atau masuk ke Google Sandbox.

Demikianlah tutorial singkat tentang cara memilih keyword atau kata kunci yang tepat agar suatu halaman web dapat berada pada posisi yang terbaik minimal di halaman pertama mesin pencari seperti Google.