Menu

Para Juara Sepakbola Liga Top Eropa 2019/2020

Pada akhirnya kompetisi sepakbola top Eropa untuk musim 2019/2020 yang sempat tertunda selama kurang lebih hampir 3 bulan akibat mewabahnya virus Covid-19 berhasil dituntaskan walau dalam tiap pertandingan yang dilaksanakan tanpa penonton. Setidaknya para penggemar olahraga sepakbola dapat bergembira ditengah keprihatinan akibat virus Corona yang juga berdampak pada ketidakpastian kelanjutan liga-liga sepakbola di berbagai belahan dunia, terutama dalam hal ini para fans klub-klub sepakbola Eropa. Ketidakjelasan kelanjutan liga-liga sepakbola top Eropa karena penghentian untuk sementara waktu terjawab sudah setelah melahirkan para juara yang walau harus menyelesaikan seluruh pertandingan hingga akhir bulan Juli 2020 karena tertunda yang biasanya selesai di bulan April atau Mei.

Liga Jerman lebih dulu melanjutkan liga setelah penghentian sementara dan berhasil menyelesaikan seluruh pertandingan juga lebih awal dimana Bayern Munchen sukses mempertahakan gelar juara Liga Jerman untuk musim 2019/2020 dengan mengoleksi 82 poin hasil dari 26 kali menang, 4 kali seri dan 4 kali kalah. Di urutan kedua masih ditempati oleh Borussia Dortmund dengan raihan 69 poin hasil dari 21 kali menang, 6 kali seri dan 7 kali kalah. Sedangkan di urutan ketiga dan keempat masing-masing ditempati oleh RB Leipzig dan Borussia M’gladbach.

Liga Inggris cukup menarik perhatian publik pecinta sepakbola terutama fans Liverpool. Bagaimana tidak saat liga dihentikan mereka sudah memimpin klasemen dengan selisih poin yang cukup jauh dengan pesaing berat mereka yaitu Manchester City di posisi kedua. Bukan tanpa alasan para fans Liverpool sudah menunggu sangat lama untuk menyaksikan tim kesangannya meraih gelar juara liga Inggris. Setelah beberapa kali di musim-musim sebelumnya terpeleset dan baru hampir juara seperti musim lalu yang harus puas finish di posisi kedua dengan cuma selisih 1 poin dari pemuncak klasemen Manchester City yang menjadi juara. Akan tetapi wabah virus Covid-19 memaksa liga dihentikan sementara waktu yang tentu saja menimbulkan banyak kekhawatiran. Beruntung pada akhirnya bulan Juni-Juli 2020 seluruh pertandingan berhasil diselesaikan dengan cukup baik dan Liverpool berhasil meraih gelar juara Liga Inggris 2019/2020 yang sudah lama didambakan lagi. Diakhir klasemen Liverpool mengumpulkan 99 poin hasil dari 32 kemenangan, 3 kali seri dan 3 kali kalah. Di posisi kedua ditempati juara musim lalu Manchester City dengan raihan 81 poin hasil dari 26 kali menang, 3 kali seri dan 9 kali kalah. Sementara posisi ketiga ditempati Manchester United dan posisi keempat ditempati Chelsea.

Liga Italia juga sama melanjutkan liga Seria A yang tertunda pada akhir Juni hingga awal Agustus 2020 dan kembali Juventus keluar sebagai juara pada musim 2019/2020 dengan raihan poin 83 hasil dari 26 kali menang, 5 kali seri dan 7 kali kalah, sekaligus mempertahankan gelar juga kesembilan kalinya secara beruntun. Di peringkat kedua ditempati Inter Milan yang mengoleksi 82 poin terpaut 1 poin dari pemuncak klasemen hasil dari 24 kali menang, 10 kali seri dan 4 kali kalah. Mungkin Inter Milan kurang beruntung saja karena banyak menuai hasil seri padahal lebih sedikit menelan kekalahan, andainya bisa lebih konsisten mungkin seharusnya Inter yang menjadi juara musim ini. Sedangkan di posisi ketiga ditempati Atalanta yang menyamai pencapaiannya musim lalu, dan diperingkat keempat ditempati Lazio.

Liga Spanyol dapat melanjutkan liga pada pertengahan bulan Juni setelah ditunda hingga berkahir pada bulan Juli 2020. Persaingan ketat meraih gelar juara Liga Spanyol musim 2019/2020 diperebutkan antara juara bertahan Barcelona dengan Real Madrid yang dalam beberapa musim terakhir memang mendominasi liga Spanyol. Sebelum liga dihentikan Barcelona memimpin yang dikuntit oleh Real Madrid diperingkat kedua. Akan tetapi setelah liga kembali dilanjutkan Barcelona tampil kurang konsisten sehingga berhasil dikudeta pimpinan klasemen oleh Real Madrid yang pada akhirnya setelah menyelesaikan seluruh pertandingan Real Madrid tampil sebagai juara dengan mengoleksi 87 poin hasil dari 26 kali menang, 9 kali seri dan 3 kali kalah. Sementara itu Barcelona harus puas diposisi kedua dengan raihan 82 poin hasil dari 25 kali menang, 7 kali seri dan 6 kali kalah. Sedangkan diperingkat ketiga ditempati Atletico Madrid dan diperingkat keempat ditempati Sevilla.