Menu

Real Madrid Juara UEFA Champions League 2016/2017

Real Madrid berhasil mempertahankan gelar juara UEFA Champions League atau Liga Champions 2016/2017, setelah meraih kemenangan meyakinkan atas Juventus di final dengan skor akhir 4-1. Laga final UEFA Champions League atau Liga Champions 2016/2017 yang dihelat di Millenium Stadium, Cardiff, Wales, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB. mempertemukan Real Madrid dari Spanyol dan Juventus dari Italia, berlangsung dengan sangat seru dan masing-masing tim tampil dengan penuh kehati-hatian sehingga di babak pertama berakhir dengan hasil imbang 1-1. Barulah di babak kedua, Real Madrid tampil dominan mencetak 3 gol sehingga skor akhir 4-1 untuk kemenangan Real Madrid.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli (Cuadrado 66′), Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic (Marchisio 70′), Khedira; Dani Alves, Dybala (78′), Mandzukic; Higuain.
Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Kroos (Morata 89′), Casemiro, Modric; Isco (Asensio 82′); Benzema (Bale 77′), Ronaldo.

Bermain dengan kekuatan penuh masing-masing tim baik Real Madrid ataupun Juventus di babak pertama tampil dengan sangat hati-hati sambil saling mengukur kekuatan lawan. Juventus yang mengenakan seragam kebanggaan mereka Putih dengan dengan garis Hitam berinisiatif tampil menyerang dan beberapa kali merepotkan pertahanan Real Madrid yang terlihat kontras dengan seragam warna Ungu. Akan tetapi justru Real Madrid berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-10 lewat skema serangan balik dan kerja sama apik antara Carvajal dari sayap kanan mengirim umpan silang mendatar ke kotak finalti yang disambut dengan tendangan kaki kanan C. Ronaldo menyusur tanah ke pojok kiri gawang Juventus dan bola itupun meluncur melewati hadangan beberapa pemain belakang Juventus dan tidak mampu dijangkau oleh kiper Juventus, Buffon dan gol pun tercipta, 0-1  Real Madrid unggul.

Tersengat gol C. Ronaldo, para pemain Juventus semakin agresif menyerang, menekan pertahanan Real Madrid dan menciptakan beberapa peluang. Baru pada menit ke-27 tercipta gol indah yang dicetak oleh Mario Mandzukic lewat tendangan salto membelakangi gawang setelah sebelumnya menerima umpan lob dari Higuain di kotak finalti dikontrol dengan dada dan dengan tendangan salto bola melengkung ke pojok gawang kiri atas Real Madrid yang dijaga Navas dan tidak mampu dicegah hingga gol pun tercipta, skor berubah menjadi imbang 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.



Memasuki babak kedua, para pemain Real Madrid berusaha menekan dan mengusai jalannya pertandingan hingga menit ke-60 berhasil membuahkan hasil setelah tendangan jarak jauh dari Casemiro sedikit membentur kaki pemain Juventus yaitu Khedira sehingga bola sedikit berbelok arah meluncur ke pojok kanan gawang Juventus dan mengecoh penjaga gawang Buffon, skorpun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Real Madrid. Gol kedua Real Madrid ini sedikit menggoyahkan mental para pemain Juventus, terbukti 4 menit kemudian atau pada menit ke-64 C. Ronaldo berhasil mencetak gol keduanya dalam pertandingan tersebut lewat sontekan di depan mulut gawang Juventus yang dijaga Buffon dalam kondisi berhadap-hadapan, setelah menerima umpan silang dari Modric yang berhasil menusuk dari masuk ke kotak finalti dari sisi kanan, hingga skor makin menjauh jadi 3-1 untuk keunggulan Real Madrid.

Tertinggal 2 gol makin membuat mental para pemain Juventus runtuh, sedangkan para pemain Real Madrid makin bersemangat karena gelar juara sudah di depan mata. Kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain, tetapi justru pemain pengganti Real Madrid yaitu Asensio malah berhasil mencetak gol pada menit ke-90 lewaat sepakan terarah ke pojok kanan gawang Juventus dan menjauhkan keunggulan Real Madrid atas Juventus menjadi 4-1. Gol yang dicetak oleh Asensio menjadi gol penutup di laga final liga Champions 2016/2017 dengan skor akhir 1-4 untuk keunggulan Real Madrid.

Kemenangan Real Madrid atas Juventus di laga final UEFA Champions League atau Liga Champions 2016/2017 menorehkan rekor tersendiri diantaranya, Real Madrid menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar juara atau meraih juara 2x secara beruntun setelah pada UEFA Champions League atau Liga Champions 2015/2016 meraih juara. Kemenangan di final ini juga menjadi gelar juara yang ke-12 bagi Real Madrid sepanjang gelaran champions antar klub Eropa ini, juga berhasil mengawinkan gelar juara La Liga dengan Juara Liga Champions setelah 59 tahun sejarah klub tersebut.

Bravo Real Madrid!