Menu

Bahasa Pemrograman Dasar Untuk Belajar Jadi Web Developer

Mau Belajar Pemrograman Web, Tapi Masih Bingung harus Mulai Dari Mana? Tidak perlu bingung lagi, temukan jawabannya di bawah ini:

Walaupun sekarang sudah banyak bahasa pemrograman modern, tapi untuk pemula atau yang masih bingung harus memulai belajar dari mana, paling tidak beberapa bahasa pemrograman basic berikut harus dikuasi terlebih dahulu, diantaranya:

1. HTML
2. CSS
3. JavaScript
4. jQuery
5. Framework CSS (Bootstrap atau Materializecss)
6. PHP
7. MySql

Pelajari bahasa pemrograman diatas secara berurutan agar mendapat pemahamannya secara terstruktur. Karena sebetulnya poin 1- 5 lebih ke front-end atau client side untuk mengatur tampilan, sedangkan poin 6 & 7 lebih ke back-end atau server side processing untuk pengolahan dan manajemen basis data.

Setelah cukup menguasai bahas pemrograman basic di atas lanjutkan dengan mempelajari salah satu atau semuanya framework PHP untuk membangun sebuah aplikasi, diantaranya:

1. CodeIgniter
2. Laravel
3. Yii
4. Shimpony
5. Zend

Ingat, framework PHP tersebut tidak berarti harus dipelajari secara berurutan atau semuanya, memilih salah satu atau 2 untuk betul-betul dikuasai bisa jadi itu lebih baik. Karena masing-masing framework mempunyai tingkat kesulitan dan keunggulan yang berbeda-beda.

Selain framework PHP ada juga Content Management System (CMS) PHP untuk membuat website secara instant, diantaranya: WordPress, Joomla, Drupal, Magento, Opencart, Prestashop, dsb. Dengan salah satu CMS dapat membangun website secara instan dan mudah karena fokusnya ke manajemen konten dan pengaturan tampilan. Jadi, CMS tidak ditujuakan untuk pembuatan aplikasi yang kompleks mulai dari nol, tapi untuk mempermudah dan mempercepat membangun website dengan tinggal memposting konten dan pengaturan tampilan atau desain front-endnya saja.

Sampai jumpa di postingan berikutnya.

“Yuk, siapa lagi yang ingin membuat website atau aplikasi, belajar pemrograman web dan Android juga bisa. Hubungi jasa pembuatan aplikasi web based & Android via WhatsApp di +62 813-2280-3299 atau 0822-1859-2680”