Menu

Barcelona Juara LaLiga 2018/2019

Barcelona sukses mempertahankan gelar juara LaLiga Santander dua musim berturut-turut setelah mengunci gelar juara Liga Spanyol musim 2018/2019 pada pekan ke-35 usai mengalahkan tim tamu Levante dengan skor tipis 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Lionel Messi. Walaupun hingga akhir musim masih menyisakan tiga pertandingan lagi, tapi perolehan poin yang dikumpulkan Barcelona tidak dapat terkejar lagi oleh pesaing terdekatnya di peringkat kedua yaitu Atletico Madrid dan di peringkat ketiga Real Madrid. Ini adalah gelar juara ke-26 bagi Barcelona dalam sejarah berdirinya klub tersebut.

Keberhasilan tim asuhan Erneso Valverde menjadi kampiun tidak lepas dari cemerlangnya penampilan mega bintang mereka Lionel Messi yang menjadi top skor dengan mencetak 34 gol hingga pekan ke-37 di LaLiga 2018/2019 dan melempemnya rival abadi mereka yaitu Real Madrid yang mengalami penurunan performa sejak ditinggal Cristiano Ronaldo yang pindah ke Juventus diawal musim. Real Madrid harus puas menempati posisi ke-3 dengan mengalami 11 kali kekalahan berbanding terbalik dengan Barcelona yang hanya menderita 3 kali kalah.

Sementara itu bagi Lionel Messi gelar juara LaLiga 2018/2019 yang diraih Barcelona menambah koleksi trofinya menjadi 34 selama berseragam Barcelona dengan rincian 10 gelar LaLiga, 6 Coppa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 4 Liga Champions, 3 Piala Super Eropa dan 3 Piala Dunia antarklub. Dan koleksi tropi Messi masih bisa bertambah jika Barcelona menjadi juara Coppa del Rey yang di final akan menghadapi Valencia pada tanggal 25 Mei 2019.

Kesukses Barcelona meraih gelar juara Liga Spanyol di musim 2018/2019 juga tidak lepas dari momen-momen krusial yang berhasil dimaksimalkan oleh Barcelona, diantaranya:

Pertama,  pada pekan keenam Barcelona berhasil mengambilalih puncak klasemen dari Sevilla setelah menang 4-2 atas Sevilla. Marc-Andre Ter Stegen tampil menjadi pahlawan dengan melakukan lima penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang.

Kedua, pada laga el clasico pertama di musim 2018/2019, Barcelona berhasil membantai rival terberat mereka Real Madrid dengan skor 5-1, dimana Luiz Suares menjadi bintang setelah mencetak hat-trick.

Ketiga, pada pekan-13 Barcelona nyaris kalah saat bertandang ke markas Atletico Madrid saat itu Barcelona tertinggal 1-0 lewat gol Diego Costa. Beruntung pada menit-menit akhir pertandingan Ousmane Dembele menyelamatkan Barcelona dari kekalahan dan memaksa skor imbang 1-1.

Keempat, pada pekan ke-30 kembali Barcelona nyaris saja mengalami kekalahan setelah hingga menit akhir pertandingan masih tertinggal 4-2 dari Villareal tapi pada masa injury time Lionel Messi dan Luis Suarez masing-masing mencetak satu gol dan memaksa pertandingan berakhir dengan skor 4-4.

Kelima, pada pekan ke-31 Barcelona berhasil mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 2-0 yang membuat jarak keduanya menjadi semakin lebar karena Atletico Madrid berada diposisi kedua.